Pengembangan Diri

5 Tips Agar Kamu dapat Berbicara Lancar

Ngomong sehari-hari aja memang gampang. Tapi kalau di depan umum? Lain ceritanya. Berbicara di depan orang banyak memang tantangan tersendiri buat sebagian besar orang. Meskipun kamu bukan tipe orang yang pemalu, berbicara di depan umum kadang membuat kamu gugup setengah mati. Hal ini wajar. Saat kamu berbicara di depan umum, semua perhatian terarah padamu dan kamu mungkin takut salah bicara atau melakukan suatu hal yang memalukan.

Baca Juga: 7 Tips Agar Publik Speaking Lancar

Terkadang walaupun kamu sudah mempersiapkan dengan baik, tapi pas bicara di depan umum atau presentasi saat kuliah, rasanya apa yang ingin kamu sampaikan hilang dan kamu juga ngomong jadi belibet. Nah, jadi gimana caranya berbicara di depan umum dengan baik dan lancar?

1. Kuasai Materi

Pastikan kamu sudah tahu dulu mau ngomongin apa di depan umum itu. Belum terlalu paham? Riset saja! Itulah gunanya internet hadir di tengah-tengah kita. Dengan begini, kamu nggak akan pakai cara menghafal yang mudah menjerumuskan kamu ke gagap atau salah ngomong karena lupa apa yang mau diomongin. Jadi pastikan kamu sudah paham mau ngomongin apa dulu sebelum maju ke depan.

2. Bilang ke Diri Sendiri Kalau Kamu Bisa Melakukannya

Ini namanya ‘afirmasi diri’. Semua orang yang nggak percaya kamu, bisa kalah kalau kamu percaya dengan kemampuan diri sendiri.Terkadang, kamu sendiri mungkin lupa kalau kamu itu sebenarnya bisa. Hal ini disebabkan karena kamu terlalu banyak dengerin apa kata orang lain. Berhentilah mendengarkan kata orang lain jika itu membuat kamu semakin bimbang tampil maksimal dengan percaya diri, ini saatnya kamu meyakinkan diri sendiri kalau diri kamu berkapasitas lebih besar daripada apa yang kamu pikirkan selama ini.

3. Santai Saja, Nggak ada Orang yang Bakal Ingat Kesalahan Minor

Mungkin kamu takut seandainya kamu maju ke depan, kamu akan melakukan suatu hal yang menakutkan, atau kamu melakukan kesalahan dan diketawain lalu dikucilkan. Sifat terlalu perfeksionis inilah yang sebenarnya menghalangi kamu untuk lancar berbicara di depan umum. Padahal, kesalahan minor itu sebenarnya nggak apa-apa kok bahkan wajar dialami orang ketika tampil di depan umum, tapi jangan panik dan tetap tenang agar suasana tetap kondusif. Santai saja, kalau kamu nya memang santai, orang juga bakal santai kok menanggapinya.

4. Bikin Diri Senyaman Mungkin

Mungkin kamu lebih nyaman berbicara sambil duduk, berdiri, memainkan ekspresi tangan, minum di sela-sela berbicara atau yang lainnya. Lakukan apa yang membuat kamu nyaman, misalnya dengan melibatkan audiens agar suasana tidak terlalu kaku. Make yourself comfortable. Kamu yang tahu mana yang bikin diri kamu nyaman. Yakinlah kalau kamu sudah terbiasa berbicara didepan umum pasti kamu akan merasa nyaman. Sejatinya kita nyaman karena terbiasa.

5. Latihan

Pribahasa ‘practice makes perfect’ bukan sekedar omongan orang zaman dulu. Dengan kamu banyak latihan, pasti akan terasa perbedaannya dengan yang nggak pernah dilatih skill public speakingnya. Misalnya kamu bisa latihan dengan ngomong di depan kaca. Bahkan para pelaku public speaking ternama pasti sangat menganjurkan dan mempraktekkan teknik-teknik berbicara di depan umum sesering mungkin. Jika ingin lancar berbicara makan jangan pernah bosan untuk latihan, latihan, dan latihan. Ingat, mungkin saja ketakutan kamu untuk tampil bicara di depan umum itu hanya pikiran-pikiran jelek kamu saja, kamu terlalu memikirkan resiko dan takut akan kesalahan. Kamu sendiri yang harus tahu cara mengendalikan pikiran kamu. Coba deh pikirin dan bayangin kamu bukan lagi tampil di depan umum, melainkan lagi ngomong sehari-hari saja dengan teman-temanmu. Jika kamu membayangkan audiens sebagai teman kamu pasti kamu akan rileks.

Back to top button
error: