Info KampusUjian Mandiri

7 PTN yang Menggunakan Nilai UTBK & Nilai Raport 2020/2021

7 PTN yang Menggunakan Nilai UTBK atau + Nilai Raport – Masih soal Ujian Mandiri di PTN ni. Na ada beberapa Universitas yang Seleksi jalur mandirinya, menggunakan nilai UTBK. Namun beberapa PTN juga meggunakan Nilai Raport, atau kombinasi keduanya.

Tapi kalau kalian masih ada yang belum tau. Kalian bisa menyimak info kali ini dengan baik. Jadi Nilai Raport kalian nanti, biasanya diminta di inputkan pada sistem PTN yang kalian tuju. Dan juga perisiapkan versi PDF nya juga. Beberapa Sistem seleksi pada jalur mandiri PTN, meminta untuk mengupload Nilai Raport PDF.

Berikut ini adalah PTN yang menggunakan Nilai UTBK dan/Nilai Raport:

1. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat. Nah di SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) itu dilaksanakan secara daring. Peserta seleksi bisa memilih 2 jenis seleksi yaitu menggunakan Nilai UTBK tahun ini atau Non nilai UTBK. Biaya Pendaftaran masing-masing jalur tersebut berbeda-beda. Untuk yang menggunakan nilai UTBK itu hanya membayar Rp. 100.000,- dan yang tidak menggunakan nilai UTBK itu membayar Rp. 150.000.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya. Nah kalau di ITS sendiri Ujian Mandirinya dinamakan Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Mengenai Jalur Mandiri di ITS, udah pernah kita bahas di Pendaftaran Jalur Mandiri ITS.

3. Universitas Gadjah Mada

UGM pada jalur Mandirinya itu kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020, nilai rapor, dan kriteria lain. Jalur Mandiri ini bisa diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA yang sudah lulus pada tahun 2020, 2019, dan 2018. Peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana. Udah pernah juga kita bahas pada Pendaftaran Jalur Mandiri UGM.

4. Institut Teknologi Bandung

ITB seleksi mandirinya didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan beberapa komponen penilaian, seperti: Hasil UTBK, Nilai Rapor, serta kriteria lainnya bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD. Hasil UTBK, Nilai Rapor, hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD. Udah pernah dibahas juga pada Pendaftaran USM ITB.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS juga membuka jalur mandiri yang menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tahun ini atau bisa menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret. Nah untuk biaya SMJU-UTBK LTMPT SMJD UNS itu sebesar Rp200.000,-. Sedangkan untuk SMJU-UTUL UNS, SMJK itu sebesar Rp350.000,- Pernah juga kita bahas pada Pendaftaran Ujian Mandiri UNS.

6. Universitas Andalas

Kalau di UNAND itu jalur Mandirinya terdiri dari 1. SMBKA dilakukan dengan mengutamakan kemampuan akademik peserta disamping mempertimbangkan prestasi akademik dan reputasi sekolah dan yang 2. SMBPU dilakukan dengan mengutamakan prestasi unggul disamping mempertimbangkan kemampuan akademik dan reputasi sekolah. Kedunya menggunakan Nilai UTBK + Nilai Raport juga. Untuk biaya pendaftarannya sendiri, itu bagi kelompok Saintek/Soshum Rp. 300.000, sedangkan untuk kelompok Soshumnya itu sebesar Rp. 450.000.

7. Universitas Negeri Surabaya

UNESA juga menyediakan jalur Mandiri yang menggunakan Nilai UTBK untuk peserta tahun 2019 & 2020. Nah setiap peserta hanya boleh memilih 2 Program studi saja. Untuk biaya pendaftarannya sendiri itu sebesar Rp 300.000.

Nah Demikianlah informasi mengenai 7 PTN yang menggunakan Nilai UTBK, Nilai Raport, dan atau kombinasi keduanya. Untuk informasi lebih lanjut silakan membuka laman resmi PMB masing-masing PTN diatas. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.

Tags
Back to top button
Close