close

8 Instansi Ini Membuka Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan SMK dan SMA

Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA , yuk cari tau bareng!!!

Tidak hanya terbatas bagi para sarjana, kenyataannya lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk mendaftar sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2023. Bahkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah secara resmi mengumumkan formasi CPNS 2023 yang khusus ditujukan untuk lulusan SMK atau SMA dan sejenisnya.

Munculnya pengumuman tentang adanya beberapa formasi yang dikhususkan untuk lulusan SMK tentu saja menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat, terutama bagi para lulusan SMK yang berminat untuk berkarier di lingkungan instansi pemerintahan.

Apakah lulusan SMK memang memiliki kesempatan untuk mendaftar CPNS?

Jawabannya adalah ya, memang memiliki kesempatan tersebut. Sesuai dengan persyaratan CPNS dari tahun ke tahun, batas usia bagi pendaftar CPNS adalah minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun. Dengan demikian, lulusan SMK yang memenuhi persyaratan usia ini berhak dan diperbolehkan untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2023.

Meskipun demikian, penting bagi para lulusan SMK yang ingin mendaftar CPNS untuk tetap memperhatikan persyaratan lainnya yang mungkin berlaku. Setiap formasi CPNS biasanya memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon pelamar, seperti tingkat pendidikan, keahlian khusus, dan pengalaman kerja terkait. Oleh karena itu, disarankan agar para calon pelamar melakukan pengecekan dan pemahaman mendalam terhadap persyaratan yang tertera dalam pengumuman resmi pendaftaran CPNS 2023.

[irp]

Peluang Posisi CPNS 2023 untuk Lulusan SMK

Pada tahun 2023, terdapat delapan instansi pemerintahan yang membuka peluang kerja bagi lulusan SMK dan SMA sederajat dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Berikut daftarnya:

1. Badan Sar Nasional (Basarnas) membuka formasi untuk posisi baru di berbagai lokasi di Indonesia.

2. Kejaksaan Agung (Kejagung) membuka 990 formasi untuk lulusan SMK atau sederajat, termasuk pengadministrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan.

3. Kementerian Pertanian juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMK dan sederajat.

4. Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan formasi khusus untuk lulusan SMA dan sederajat, termasuk posisi pengadministrasian rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

5. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka formasi untuk penjaga tahanan.

6. Kementerian Pertahanan membuka formasi untuk lulusan SMA dan SMK atau sederajat, termasuk posisi pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

7. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka 684 formasi untuk lulusan SMK atau sederajat, termasuk perekayasa, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan pemadam kebakaran.

8. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) membuka formasi untuk polisi hutan yang berkaitan dengan perhutanan dan pertanian.

[irp]

Dokumen Persyaratan CPNS 2023: Siapkan Diri dengan Baik!

Untuk menjadi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2023, kamu perlu mempersiapkan dengan baik dokumen administrasi yang harus dilampirkan dalam pendaftaran. Berikut ini adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan:

1. Fotokopi ijazah SMA, SMK, atau sederajat.

2. Fotokopi transkrip nilai.

3. Fotokopi E-KTP (Kartu Tanda Penduduk).

4. Fotokopi akte kelahiran.

5. Fotokopi surat keterangan lain yang relevan dengan persyaratan pendaftaran.

6. Pas foto formal.

7. CV atau daftar riwayat hidup.

8. Dokumen pendukung lain yang sesuai dengan persyaratan dari instansi yang ingin kamu lamar, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), sertifikat TOEFL, Surat Bebas Narkoba, dan lainnya.

Penting untuk selalu memperbarui informasi terkait persyaratan dari instansi yang ingin kamu lamar, sehingga kamu tidak ketinggalan informasi terbaru.

Dengan adanya formasi CPNS 2023 khusus lulusan SMK dan SMA, diharapkan semangat para calon pelamar dalam berkontribusi sebagai abdi negara semakin tinggi. Namun, perlu diingat bahwa persaingan dalam seleksi CPNS cukup ketat, oleh karena itu, persiapan yang matang dan memadai sangatlah penting. Mulailah mempersiapkan diri jauh-jauh hari, termasuk persiapan untuk menghadapi tes kemampuan dasar, agar kamu memiliki peluang yang lebih baik dalam meraih posisi sebagai CPNS.

Jadi untuk lulusan SMK dan SMA sederajat, persiapkan dokumen dan kemampuan dengan sungguh-sungguh. Pintu kesempatan terbuka lebar untuk kita wujudkan impian menjadi abdi negara. Bersama, mari berjuang dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. Sukses untuk perjalananmu menuju CPNS 2023! 

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!