Info KampusMahasiswaTips

9 Tips Anti Bosan Menjalani Kuliah Online Selama Pandemi

9 Tips Anti Bosan Menjalani Kuliah Online Selama Pandemi – Semenjak adanya pandemi Covid-19 ini banyak kegiatan yang ditunda dan dihentikan secara mendadak yah, bahkan ada juga yang diselesaikan secara mendadak, mau liburan gak bisa, antara satu sama lain disuruh jaga jarak atau yang lebih dikenal dengan nama Social Distancing. Alhasil yang deket jadi jauh dan yang jauh makin jauh deh dan semua kegiatan dilakukan di rumah mulai dari bekerja, sekolah, sampai kuliah. Apalagi menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim udah netapin kalo semester depan, bakalan tetep belajar secara online terutama di daeran yang masih berzona merah, orange, dan kuning.

Baca Juga: 8 Tips Mendapat Nilai Tinggi dari Dosen

Gimana nih tanggapan temen-temen semuanya?
Atau jangan-jangan lo ngerasa bosen dirumah terus? Gue rasa banyak yang sependapat dengan gue kalau dirumah aja itu bisa ngebuat diri kita bosen. Karena gak banyak hal yang bisa dilakuin dirumah aja, bahkan kegiatan dirumah pun bisa dibilang tidur, bangun, makan gitu-gitu aja siklusnya.

Baca Juga: 7 Tips Agar Publik Speaking Lancar

Untuk temen-temen yang kuliah online alias daring, pastinya banyak banget tuh tugas kuliah yang dikasih dosen buat dikerjain, sedangkan materi yang diberikan gak efektif karena banyak faktor penghambat salah satunya adalah koneksi. Alhasil mahasiswa harus lebih kreatif dan berinisiatif sendiri dalam belajar selama masa pandemi ini.

Baca Juga: 4 Tips Agar Menjadi Maba Terkenal di Kampus

Kalo udah gini, lo udah punya tips sendiri belom gimana supaya bisa tetep belajar dengan enjoy dan gak bosen? Eeiittss….Tenang, kali ini gue bakalan kasih nih buat lo supaya gak bosen selama ngejalani kegiatan perkuliahan dirumah aja. Simak baik-baik yah!

1. Buat Jadwal Kuliah Online

Ada yang pernah lupa tanggal saat dirumah aja? Atau bahkan ada yang lupa hari? Nah, pembuatan jadwal kuliah online ini berfungsi untuk membantu lo dalam mengingat jadwal kuliah online. Lo bisa buat jadwalnya di Hp dengan menambahkan agenda di dalam kalender Hp, atau dengan melingkari kalender yang ada dirumah lo dengan spidol warna warni sesuai dengan jadwal mata kuliah lo.

Bagi lo yang kreatif bisa juga nih membuat kalender sendiri dari kertas karton atau sticky notes yang lucu-lucu. Dengan pembuatan jadwal kuliah yang teratur, lo bakalan tetep bisa ngejalanin kuliah online layaknya kuliah tatap muka, jadi semuanya bisa teratur sesuai dengan jadwal kuliah lo dan lo bakalan terbiasa menjalani kuliah selama masa pandemi. Seperti kata pepatah “Ala bisa karena Terbiasa”.

2. Pilih Gaya Belajar yang Lo Sukai

Masing-masing dari kita memiliki gaya belajar yang berbeda-beda tentunya. Ada yang bisa belajar saat suasana ramai, dan ada juga yang lebih suka suasana sepi buat belajar. Point kedua ini penting buat lo tau, agar lo bisa nyaman dalam belajar selama dirumah aja.

3. Pilih Lokasi Belajar yang Nyaman

Buat lo yang suka belajar di tempat ramai, pastinya lo gak bakalan kesulitan dong dalam memilih tempat buat lo belajar. Kalau untuk lo yang lebih suka suasana yang sepi dan tenang, selama dirumah aja lo bisa banget tuh belajar di kamar, atau diruangan belajar yang ada di rumah lo. Tapi, buat lo yang suka suasana tenang dan mau sambil liat pemandangan yang hijau-hijau, lo bisa banget belajar di halaman belakang atau halaman samping rumah lo. Point no 3 ini sesuai dengan kenyamanan dan kondisi rumah kalian juga yah.

4. Menyiapkan Hal Penting Untuk Belajar

Selama dirumah aja, hal yang perlu dipersipakan pastinya handphone, laptop, dan yang paling penting koneksi internet. Karena selama kuliah daring koneksi sangat penting agar lo tetap selalu terhubung dalam kelas online yang sedang berlangsung. Jangan lupakan juga buku dan pulpen untuk mencatat point-point penting dari materi yang disampaikan dosen.

5. Jangan Lakukan Hal Lain Selama Kuliah Berlangsung

Salah satu syarat utama agar tetap efektif dalam belajar selama dirumah aja adalah fokus. Untuk menjaga fokus lo hanya tertuju pada kuliah online, jangan banget sesekali lo kuliah online tapi nyambil buka situs lain seperti medsos. Karena hal itu bisa membuat konsentrasi dan fokus lo terbagi-bagi.

6. Gunakan Jejaring Sosial untuk Diskusi

Selama masa pandemi masih berlangsung, kegiatan berdiskusi dengan teman tentunya menjadi berkurang. Buat kaum milenial seperti lo yang paham akan teknologi, coba deh manfaatin jejaring sosial kalian untuk berdiskusi dengan teman secara online, baik itu berdiskusi mengenai mata kuliah, atau berdiskusi mengenai tugas-tugas yang diberikan dosen selama kuliah dirumah aja.

Dengan adanya pemanfaatan teknologi dan jejaring sosial yang baik, gak ada hambatan lagi buat lo ngelakuin aktifitas perkuliahan seperti biasa, baik secara online, maupun tatap muka.

7. Jangan Menunda untuk Mengerjakan Tugas

Dalam kuliah online, tak jarang dosen langsung memberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah di sampaikan. Jangan pernah sekali-kali lo terlena dengan waktu deadline tugas yang lama, sebaiknya setelah dosen memberikan tugas lo bisa langsung mengerjakan tugas tersebut, apabila ada beberapa tugas yang belum lo tau dan belum bisa lo jawab, lo bisa lanjutkan kembali besok untuk megerjakannya. Jadi, gak satu hari harus selesai juga melainkan bertahap.

8. Siapkan Cemilan Favorit

Setelah lo mengikuti perkuliahan online dengan lancar, ada baiknya saat perkuliahan itu telah selesai, lo bisa nikmatin cemilan favorit lo buat balikin semangat lo kembali, bisa juga lo ngemil sambil ngerjain tugas yang diberikan oleh dosen dengan begitu lo gak bakalan ngerasa bosen saat ngejalaninnya.

9. Istirahat dengan Cukup

Kuliah online udah, tugas udah, ngemil juga udah. Yang terakhir waktunya lo menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup. Supaya otak lo bisa kembali fresh dan ilmu yang lo daptein bisa terserap dengan baik di memory lo. Istirahat juga penting untuk meningkatkan kualitas fokus lo saat menjalani kuliah online selama dirumah aja.

Itu 9 tips dari gue, jangan lupa untuk lo terapin di dalam kehidupan lo selama masa pandemi ini. Dan buang deh fikiran yang bilang bahwa kegiatan selama dirumah aja itu ngebosenin, malah bikin tambah mager dan sebagainya. Karena selama dirumah aja banyak hal yang bisa lo lakuin selain belajar seperti lo bisa ngedalemin hobi yang lo miliki seperti memasak, olahraga, menari, ngerajut melukis dan masih banyak hobi dan hal-hal menarik lainnya yang bisa lo lakuin selama masa pandemi ini. Dan manfaatin waktu yang lo punya untuk mengetahui siapa diri lo, apa bakat dan kelebihan lo, jadi ketika masa pandemi ini telah berakhir lo tau apa yang harus lo lakuin, dan targetan apa yang bakalan lo capai nantinya.

Berhenti mengeluh, dan jaga konsistensi lo dalama belajar karena gue yakin lo semua bisa dan mampu buat ngejalaninya. Semoga kalian semua bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik dan efektif yah. Semangat dan keep doing the best!

Tags
Back to top button
Close