close

Ingin Kuliah tapi Terhalang Biaya? Jangan Khawatir Beasiswa Ini Hadir Tuntaskan Problem Biaya

Haii Fellas Impiano! Siapa nih yang lulus SMA nanti ingin melanjutkan ke bangku kuliah? Pastinya banyak ya hehe:) Jika kamu memilih untuk melanjutkan kuliah itu adalah keputusan yang sangat bagus, karena keputasan untuk kuliah sebenarnya didasari oleh dua hal yaitu, kemampuan otak dan kemampuan finansial. Kemampuan otak tidak sepenuhnya mengenai kecerdasan intelektual ya Impianos namun juga kesadaran diri dan niat. Selain itu kita tahu dan  tak dapat dipungkiri lagi bahwa kuliah itu membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Apa lagi bagi kamu yang ingin kuliah jauh dari tempat tinggalmu, belum lagi uang kosan, uang makan, beli buku dan keperluan lainnya, wah pasti banyak ya pengeluaran dalam satu bulan.  Akibatnya banyak lulusan SMA yang pada akhirnya tak dapat melanjutkan pendidikan karena terhambat masalah biaya.

Perlu di ingat juga Impianos sekalian dunia perkuliahan itu memang keras. Tapi hidupmu akan jauh lebih keras apabila tidak kuliah apalagi bekerja. Why? Ya karena di bangku kuliah kamu akan mendapatkan berbagai teori ilmu, dan di dunia kerja kamu akan dapat mengaplikasikan teori tersebut, mendapatkan informasi yang lebih realistis mengenai teori, sehingga bisa jadi kamu mendapatkan solusi yang lebih baik dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan pekerjaanmu nantinya.

Berhentilah berpikir bahwa kamu tidak bisa sebelum kamu mencobanya. Sejatinya berani memulai adalah awal menuju perubahan. Terkadang untuk mencapai kata sukses harus rela  mengorbankan zona nyamanmu. Sekeras apapun hidup pecahkanlah perlahan dengan apa yang bisa kamu berikan untuk hidupmu.

Bagi kamu yang ingin kuliah tapi terkendala dengan masalah biaya, kami akan memberikan informasi mengenai beasiswa S1 yang bisa membantu meringankan biaya kuliahmu.

1. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi atau merit based scholarship yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi di Indonesia. Perlu diketahui Impianos, yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan untuk  penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai pelatihan soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Beasiswa ini khusus ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah S1 pada semester IV. Lebih dari 10.820 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program ini. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan dari lebih 121 perguruan tinggi unggulan di 34 provinsi seluruh Indonesia. Ini adalah bukti keseriusan Djarum Foundation dalam komitmennya membangun bangsa melalui pendidikan.

2. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna  menanggung biaya penuh pendidikan selama kuliah, uang saku selama kuliah bahkan masih memberikan tunjangan akses internet mengingat pentingnya memperoleh informasi yang uptodate. Jika kamu ingin mendaftar beasiswa ini syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki nilai akademik rata-rata minimal 7.00 untuk SMA. Kamu juga harus melampirkan bukti permohonan bantuan beasiswa, hal ini harus diperkuat dengan surat keterangan tidak mampu dan slip gaji orang tua selama tiga bulan terakhir bersama dengan fotocopy tagihan listrik rumah.

Semua sayarat ini harus didukung dengan beberapa dokumen wajib seperti surat referensi, formulir pendaftaran, KTP kamu dan orang tua, kartu keluarga dan foto diri berukuran 4×6. Lalu Fotocopy ijazah SMA dan surat tanda tamat belajar bersama dengan surat keterangan diterima di universitas terpilih yang ditentukan oleh Sampoerna Foundation. Memang lumayan banyak syarat yang harus kamu persiapkan, tapi dibalik semua itu  percayalah tidak ada yang instan semuanya butuh perjuangan. Dan ingat beasiswa ini tidak bisa digabungkan dengan beasiswa lainnya. Program beasiswa ini ditujukan untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

3. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Nah beasiswa yang satu ini merupakan salah satu karya nyata yang telah diukir oleh alm. Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga. Beasiswa ini juga ditujukan bagi siswa yang duduk di kelas 1 hingga kelas 3 SMA, atau yang duduk di bangku Perguruan Tinggi dari semester 1 hingga maksimal semester 8.

Persyaratan utama jika ingin mendaftar beasiswa ini ialah, berasal dari keluarga kurang sejahtera, sedang menjalani pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi dengan IPK minimal 3,0 atau lulusan SMA yang sedang menempuh sekolah kelas 12 dan akan segera masuk Perguruan Tinggi dengan nilai rata-rata rapor SMA minimal 8,0.

4. Beasiswa Bidikmisi

Mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu, Beasiswa Bidikmisi bisa menjadi solusinya. Beasiswa ini memang secara khusus didesain pemerintah melalui Kementerian Ristek Dikti untuk membantu siswa lulusan SMA dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Melalui Beasiswa Bidikmisi, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dari berbagai Perguruan Tinggi di tanah air. Biaya ini sudah termasuk biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Kamu yang memenuhi kriteria ini bisa mengikuti Beasiswa Bidikmisi 2020 yang biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

5. Beasiswa PPA

Peluang beasiswa satu ini ditujukan bagi kamu yang sudah berstatus mahasiswa, baik yang sedang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sama seperti bidikmisi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa PPA) juga merupakan beasiswa kuliah dari pemerintah melalui Dikti. Beasiswa kuliah ini biasanya diberikan antara semester 2 hingga semester 8 berupa bantuan dana tunai untuk 2 semester.

6. Beasiswa Kader Surau

Beasiswa kali ini ditawarkan oleh YBM BRI (Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia) dalam skema Beasiswa Kader Surau. YBM BRI merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang mengelola dana zakat karyawan BRI kemudian disalurkan dalam bentuk program pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial dan dakwah.

Diharapkan dengan adanya beasiswa ini, dapat membentuk generasi intelektual muda islam yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan berkarakter, berdaya saing, serta mengaplikasikan nilai-nilai AlQur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Cakupan beasiswa ini termasuk biaya Uang Kuliah Tunggal atau UKT, bantuan biaya hidup dan asrama, pengalaman berkontribusi di masyarakat secara langsung serta networking yang luas.

Intinya kamu harus aktif dan jeli mencari beasiswa yang bisa memberikan biaya pendidikanmu selama duduk di bangku kuliah. Memang tidak mudah, namun informasi tentang beasiswa telah disebar dengan mudah dan bisa didapatkan dimana saja. Lewat media sosial, koran, pengumuman di papan publik, semuanya menjadi lahan informasi. Jadi silahkan dicoba untuk mendaftar beasiswa ya Impianos, semoga kamu termasuk orang yang beruntung mendapatkan salah satu dari beasiswa tersebut. Semangat berproses Impianos:)

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!