close

Kenapa Orang Bisa Mengalami Depresi?

Kenapa Orang Bisa Mengalami Depresi? – Setiap orang bisa mengalami depresi di segala usia kapan pun itu. Apa yang mengakibatkannya belum diketahui pasti, tapi ahli kesehatan mental dunia sepakat bahwa ada sejumlah faktor risiko penyebab depresi. Beberapa di antaranya bahkan tidak selalu bisa dicegah.

Baca Juga: 5 Ciri Seseorang Sedang Mengalami Depresi

Depresi merupakan respons mental seseorang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Depresi muncul disaat semua masalah menumpuk di otak dan seseorang tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebagian besar orang tak merasakan gejala depresi, namun bila memuncak akan timbul perasaan yang tak bisa dihindari.

Kondisi ini akan menyebabkan efek yang buruk bagi penderitanya, seperti produktivitas yang menurun, terganggunya hubungan sosial, dan timbulnya keinginan untuk bunuh diri. Depresi juga mempengaruhi perasaan, cara berpikir dan berperilaku, bahkan membuat penderitanya memiliki berbagai masalah emosi dan fisik.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Penelitian menunjukkan bahwa depresi terjadi pada 80% orang untuk beberapa waktu selama dia hidup. Namun, depresi lebih sering dialami oleh wanita, karena wanita memiliki sifat perasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki.

Baca Juga: 3 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Dalam kondisi tertentu, depresi dapat menyebabkan masalah emosional dan fisik. Dalam kondisi yang parah, depresi membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

Apa saja faktor yang meningkatkan terjadinya atau penyebab depresi?

1. Trauma

Trauma bisa diakibatkan beberapa kejadian seperti pelecehan seksual, kehilangan orangtua, atau perceraian orangtua. Penyebab trauma lainnya yakni kejadian dan peristiwa dalam hidup. Ada banyak momen pahit, yang membuat seseorang mengalami depresi. Beberapa contoh kejadian tersebut, misalnya dipecat dari pekerjaan, bullying atau memiliki masalah finansial.

2. Genetik

Depresi bisa saja muncul dari faktor genetik. Orang dengan riwayat depresi dalam keluarga, misalnya memiliki orang tua yang menderita depresi, lima kali lebih berisiko mengalami depresi juga. Meskipun demikian, bukan berarti jika orang tua atau saudaramu mengalami depresi, lantas kamu pasti juga akan mengalami kondisi serupa.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya kelainan pada beberapa gen, bukan hanya satu gen. Dan setiap orang mewarisi kombinasi gen dari ayah dan ibu.

3. Lingkungan

Kondisi tertentu yang terjadi di lingkungan dapat memicu terjadinya depresi. Kondisi tersebut seperti kekerasan fisik, penelantaran, pelecehan, kondisi ekonomi rendah juga dapat memicu seseorang lebih rentan terhadap gangguan depresi. Salah satu akar depresi adalah terjadinya konflik dengan seseorang atau kelompok yang membuat individu menjauh dari kelompok. Penyebabnya bisa saja masalah keluarga, pekerjaan yang tak ada habisnya, atau tempat kerja yang penuh tekanan.

Rasa kecewa atau takut yang muncul membuat dirimu tertekan. Kadang, sampai menarik diri dari kehidupan dan malas bertemu orang-orang yang sebenarnya ingin menghibur. Terkadang ini membuat kamu semakin larut dalam depresi.

Itulah penyebab yang bisa membuat kamu depresi. Tapi perlu diketahui hanya dokter yang bisa mendiagnosis kondisi depresi pada diri seseorang. Hindari diagnosis diri sendiri, karena berisiko terhadap kesalahan diagnosis hingga penanganan yang keliru. Kenali dirimu dan berikakan perhatian khusus agar kamu terhindar dari depresi.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!