close

Kumpulan Soal Ujian Simak Universitas Indonesia (UI) 2024 – 2025

Kumpulan Soal Ujian Simak Universitas Indonesia (UI) 2024 – 2025 – SIMAK-UI adalah ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di universitas tersebut.

Program pendidikan yang tersedia melalui SIMAK-UI meliputi Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, gelar Profesi, gelar Spesialis, gelar Magister, dan gelar Doktor.

Ujian SIMAK-UI untuk kelas Sarjana Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda.Biaya pendidikan ditentukan berdasarkan program pendidikan, bukan berdasarkan jalur masuk.

Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan Sarjana Reguler tidak termasuk biaya pangkal masuk, sedangkan program vokasi (D3 dan D4), program Sarjana Paralel, dan program Sarjana Kelas Internasional termasuk biaya pangkal masuk saat diterima pertama kali.

Program Vokasi (D3 dan D4) adalah program pendidikan tingkat diploma yang bertujuan untuk menyiapkan individu dengan keahlian dan kemampuan di bidangnya, siap bekerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan program D3 akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan program D4 akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr). Jalur masuk program Vokasi adalah melalui program PPKB Vokasi dan SIMAK-UI.

Program Sarjana Reguler adalah program pendidikan tingkat sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/setara dengan batas usia ijazah maksimal 3 tahun setelah kelulusan saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran tahun 2023 untuk lulusan tahun 2023, 2022, 2021.

Lulusan program Sarjana Reguler akan mendapat gelar Sarjana dalam bidang studi yang ditempuh. Jalur masuk program Sarjana Reguler adalah melalui SIMAK-UI, SNBT, dan SNBP.

[irp]

Materi Simak-UI

Pada tahun 2022, materi ujian SIMAK S1 Program Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari tiga kemampuan dasar yaitu matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, dan terdiri juga dari dua kemampuan IPA yaitu matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi serta kemampuan IPS yaitu ekonomi, sejarah, geografi, dan sosiologi. Jika memilih prodi IPA, maka materi ujian akan mencakup kemampuan dasar dan kemampuan IPA. Jika memilih prodi IPS, maka materi ujian akan mencakup kemampuan dasar dan kemampuan IPS. Jika memilih prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC), maka materi ujian akan mencakup kemampuan dasar, kemampuan IPA, dan kemampuan IPS.

Materi Ujian SIMAK S1 Kelas International pada tahun 2022 terdiri dari kemampuan IPA yaitu Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, dan Chemistry serta kemampuan IPS yaitu Basic Mathematics, Economy, Sociology, Geography, Indonesia and The World. Jika memilih prodi IPA, maka materi ujian akan mencakup kemampuan IPA tersebut. Jika memilih prodi IPS, maka materi ujian akan mencakup kemampuan IPS tersebut.

Untuk materi ujian SIMAK S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, S2, dan S3, tidak disebutkan dalam kalimat yang diberikan. Namun, tes pengukuran kemampuan akademik (TPA) akan menjadi bagian dari materi ujian tersebut, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

[irp]

Soal Pembahasan Simak UI 2023,2022,2019,2018,2017,2016

Berikut ini adalah pembahasan Soal Masuk PTN lainnya, yang dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam belajar:

Kumpulan Soal

Link Soal

Soal SBMPN-UMPN Politeknik Negeri 

Soal UM-PTKIN 

Soal Ujian Mandiri UNDIP

Soal Ujian Mandiri UGM (UTUL UGM)

Soal Simak UI 

Soal Ujian Mandiri UNNES

Lihat Selengkapnya
Back to top button