Gaya HidupPengembangan Diri

5 Penyebab Utama Rasa Cemas dan Overthinking

Mengapa kita sering merasa takut? Dari panik ketika ada sesuatu yang sulit hingga mengkhawatirkan masa depan yang tidak pasti. Mungkin saat kamu takut. Tubuh tiba-tiba menjadi tegang, tiba-tiba mulai menangis, bahkan panik. Ada banyak alasan mengapa orang takut dan cemas.

Kecemasan bisa bermacam-macam penyebabnya. Misalnya, kamu harus menghadapi kemacetan lalu lintas saat kamu sedang bekerja atau kamu ingin terlambat kuliah. Situasi seperti ini Membuat kamu mudah cemas. Jika situasi ini terus berlanjut, ketakutan hanya akan bertambah buruk. Belum lagi dampaknya terhadap kondisi fisik, seperti susah tidur atau lupa makan, yang akan meningkatkan dampak kecemasan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesepian dan Cemas pada Diri Kamu

Jadi, bagi mereka yang sering stres, perlu perlahan-lahan mulai mengatasi stres. Misalnya dengan mengatasi langsung sumber stresnya. Jika stres ini tidak kamu tangani, maka kamu akan kewalahan.

Faktor lain yang mempengaruhi stres adalah penyerapan stres oleh tubuh kita. Jika kamu minum kopi dengan kandungan kafein yang tinggi, justru akan meningkatkan kecemasan. Bagi yang suka kopi, sebaiknya sesuaikan kandungan kafeinnya agar tidak mengganggu tubuh kamu.

Tapi biasanya ada beberapa penyebab yang cukup umum terjadi, dan penyebab umum ini butuh penanganan yang berbeda-beda, berikut ini 5 penyebab dan cara mengatasi rasa cemas maupun overthinking.

1. Stress

Sumber stres sehari-hari seperti terjebak macet saat akan berangkat ke kantor ataupun telat bangun untuk pergi kuliah biasanya rentan membuat seseorang menjadi cemas, tapi jika stress nya sudah sering muncul dan bertahan lama bisa membuat rasa cemas itu menjadi lebih parah, belum lagi dengan kondisi-kondisi fisik lain, biasanya stress itu bisa membuat orang lalai dengan kesehatan fisiknya.

Misalnya jika besok ada deadline mereka jadi mengorbankan waktu tidur malam, atau jika sedang mengurus tugas penting mereka rela menunda waktu untuk makan, padahal hal semacam tersebut bisa makin memperparah dari rasa kecemasan atau overthinking yang dialami.

Jadi bagi kamu yang sering merasa stress, mulailah untuk mencoba pelan-pelan untuk mengelola rasa stress kamu, misalnya dengan mengatasi langsung sumber stressnya atau paling tidak kelola diri kamu agar tidak  larut tenggelam bersama rasa stress itu.

2. Yang Kamu Konsumsi

Maksud nya yang berhubungan dengan apa yang kamu konsumsi sehari-hari, misalnya kamu mengkonsumsi kopi yang dimana dalam kopi tersebut terdapat kandungan kafein, dengan asupan kafeain yang banyak dan tidak terkendali bisa membuat seseorang makin memperparah rasa cemas. Jadi untuk kamu yang suka menyeduh kopi untuk menemani beraktivitas, pastikan kamu mengatur kandungan kafein didalam kopi tersebut.

Setelah kafein, ada juga beberapa obat-obat tertentu yang bisa membuat seseorang menjadi cemas berlebihan, jika kamu mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu dan membuat kamu merasa cemas jangan sungkan untuk menghubungi dokter agar dibantu untuk dicarikan alternatif yang lain.

3. Pengaruh Lingkungan

Mungkin kamu sudah faham, jika kondisi lingkungan disekeliling kamu bisa sekali mempengaruhi kondisi kita, misalnya kamu tidak terbiasa pergi ketempat yang dimana banyak sekali orang berkerumun atau berkumpul.

Jadi kamu bisa merasa cemas secara berlebihan dengan banyaknya orang yang berkumpul ini, atau kamu diminta untuk berbicara tepat didepan umum sementara kamu belum pernah atau terbiasa melakukan hal tersebut.

Cara mengatasi jenis stress ini adalah mempersiapkan diri kamu secara matang sebelum pergi ke lingkungan baru dan selain itu kembangkan juga cara mengelola rasa kecemasan kamu ketika sedang berada di situasi seperti yang disinggung tadi, misalnya dengan teknik mindfulness atau teknik pernapasan tertentu untuk menenangkan diri.

4. Masalah Keuangan

Kekhawatiran ketika tidak mempunyai uang atau tabungan yang cukup untuk menyokong kehidupan kamu atau tagihan yang datang mendadak adalah sumber kecemasan  yang wajar, oleh karenanya penting untuk memahami kondisi financial kamu dengan baik dan belajar untuk mengelola diri ketika situasi ini muncul. Setidaknya kamu sudah lebih siap menghadapi hal ini dengan kepala yang lebih dingin dan rasional.

5. Pikiran Negatif

Emosi dan pikiran negatif yang sulit untuk dikontrol juga salah-satu alasan kenapa rasa cemas berlebihan ini bisa muncul, bisa  jadi yang lebih spesifik karena masa depan atau karena kombinasi dari empat point sebelumnya menjadi satu.

Walaupun di tahap tertentu pikiran negatif itu dibutuhkan dan bahkan baik untuk kita, namun seringkali pikiran negatif yang sulit dikendalikan atau terlalu fokus kepada pikiran negatif malah akan bisa membuat seseorang menjadi cemas.

Jadi, kamu perlu untuk belajar untuk mengelola pikiran negatif itu tadi, dan cara untuk mengurangi hal tersebut sebenarnya agak mirip dengan point sebelumnya, misalnya mindfulness atau fokus terhadap apa yang kamu lakukan sekarang terlebih dahulu. Biasanya hal ini sangat berguna sekali untuk orang-orang yang memiliki rasa cemas yang berlebihan dan pikiran negatif soal masa depan

Baca Juga: Cara Menerima Kekurangan Diri Kamu

Nah, itu tadi beberapa penyebab overthinking yang mungkin sering kamu alami. Mulai saat ini, jangan selalu overthinking, ya! Kamu hanya perlu bersyukur dan menjalani hari-harimu dengan semangat. Karena, pikiran yang positif tentu akan membuat harimu juga menjadi positif. Sehingga lambat laun kamu akan dapat menghilangkan pikiran overthinkingmu itu.

Back to top button