close

6 Sertifikat yang Berpeluang Besar di SNMPTN 2022

Hallo pejuang kampus, saat ini jalur SNMPTN sudah dibuka. SNMPTN sendiri merupakan salah satu jalur masuk PTN yang populer. Ditahun 2022 sekarang ini, kuota untuk SNMPTN sebesar 20% berdasarkan nilai Akademik saja, Nilai Akademik dan Prestasi lainnya (yang ditetapkan oleh masing-masing PTN). Yuk pahami  Persyaratan dan Jadwal SNMPTN Tahun 2022 !

Jalur SNMPTN ini benar-benar gratis ya, karena udah ditanggung oleh pemerintah. Jadi jangan kwartir untuk soal biaya dalam proses mengikuti jalur ini. Oh ya, ngomongin soal Jalur SNMPTN, yang menjadi indikator penilaian dalam SN ini tidak hanya nilai raport aja lo. Tapi ada indikator lain, seperti prestasi akademik. Kamu juga bisa liat terkait dengan Rata-Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN.

Prestasi atau sertifikat yang kamu peroleh, itu sangat membantu kamu dalam memaksimalkan untuk lolos di SNMPTN tahun ini. Berikut ini ada beberapa Prestasi yang bepotensi besar untuk lolos di SNMPTN, diantaranya:

1. OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah kompetisi di bidang sains untuk jenjang pendidikan SD – SMA. Kompetisi ini diselenggarakan tiap tahun dan banyak sekolah mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi ini.

2. O2SN (Olimpiade Olahraga Nasional)

Untuk Kamu yang belum tau, O2SN merupakan singkatan dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yaitu sebuah event Nasional untuk mencari SDM yang unggul di Indonesia dalam bidang Olahraga.

O2SN hampir sama dengan Olimpiade Sains Siswa Nasional atau OSSN atau yang biasanya disebut dengan OSN, hanya saja O2SN adalah versi olahraganya, dan ada juga FLS2N atau yang disebut dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional) dan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia).

3. Lomba Debat dan Cerdas Cermat

Lomba Debat dan LCC adalah salah satu lomba yang bergengsi juga, lomba ini juga menuntut untuk para peserta lomba untuk berpikir kritis. Dan sertifikat dari lomba ini juga memiliki nilai yang bagus, dan menunjang sekali untuk Kamu, terutama untuk kamu yang akan mengambil prodi dibidang Soshum.

4. Sertifikat Keahlian Khusus

Sertifikat Keahlian (SKA) merupakan sertifikat yang diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga ahli konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/ atau keahlian tertentu. Sertifikat ini cocok banget untuk Kamu yang akan mengambil prodi Teknik atau yang Sejenisnya.

5. Lomba Karya Tulis Ilmiah

LKTI (Lomba karya tulis ilmiah) ialah jenis lomba yang melatih para pesertanya dalam menuliskan ide-ide kreatif sebagai respon intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut diharapakn memiliki nilai keunikan, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan.

6. FLS2N

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah kegiatan akbar di bidang seni dan budaya. Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N jenjang SD tahun ini ada 5 cabang, yakni Seni Tari, Pantomim, Menyanyi Tunggal, Kriya Anyam, dan Gambar Bercerita. Prestasi ini sangat menunjang sekali untuk kamu yang akan  mengambil jurusan dibidang SENI.

Dan jika kamu memiliki prestasi lain, akan menjadi nilai pluas Kamu dalam mengikut SNMPTN tahun ini. Ada baiknya prestasi yang dilampirakan, Minimal tingkat Provinsi yang disarankan, jika lebih akan lebih bagus.

Semoga Bermanfaat….

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!