Info Kampus

7 Jalur Masuk Kuliah Tahun 2022

Jalur masuk kuliah itu ada apa saja sih? Informasi ini kita buatkan untuk kamu yang lagi pengen kuliah, tapi bingung harus milih jalur apa saja. Coba kamu perhatikan, banyak sekali temanmu yang ingin masuk PTN, Politeknik, Sekolah Kedinasan.

Kita akan membahas secara lengkap, jalur-jalur masuk untuk kuliah. Pada umumnya orang hanya mengenal 3 jalur saja yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Ternyata ada 9 jalur lain yang mungkin, Kamu sendiri belum mengetahuinya. Apa saja ya kira-kira jalur masuknya, yuk kita simak bareng-bareng!

1. SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur utama untuk seleksi masuk PTN, tanpa tes/ujian. Jalur ini diikuti sekitar 85 PTN yang ada di Indonesia. Melalui jalur ini juga Kamu bisa masuk di Politeknik Negeri, yang saat ini telah ada 45 Politeknik Negeri yang terdaftar. Tinggal Kamu pilih kira-kira Kamu mau masuk jenjang pendidikan S1 atau Diploma (D4). Indikator Penilain pada jalur ini, pada umumnya menggunakan seleksi Nilai Raport dan Prestasi Akademik lainnya. Dan kabar baiknya untuk jalur ini, itu disediakan secara gratis. Namun sebagai catatan, tidak semua siswa bisa mengikuti jalur SNMPTN ini. Lihat yuk Apa saja Persyaratan SNMPTN tahun ini?

2. SBMPTN

SBMPTN adalah jalur kedua masuk PTN setelah dilaksanakannya, SNMPTN. Sama halnya dengan SNMPTN, jalur ini terdapat 85 PTN dan 45 Politeknik yang ada di seluruh Indonesia. Pada jalur SBMPTN ini, kemampuan Akademik sangat penting. Oleh sebab itu yang menjadi Indikator penilaiannya adalah hasil ujian berupa Nilai UTBK. Nilai ini dapat kamu daftarkan, ke PTN yang kamu tuju. Yuk cek juga Jadwal, Persyaratan, & Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022.

3. Seleksi Mandiri (Ujian Mandiri)

Untuk jalur yang ke-3 ini, itu dilakukan di Perguruan Tinggi masing-masing. Sesuai dengan kampus yang kamu pilih. Dalam seleksi mandiri ini juga, bisa ada beberapa jalur tes. Misalnya menggunakan nilai UTBK, Nilai Raport, Prestasi Akademik atau yang lainnya. Untuk jalur ini memerlukan biaya biaya yang tinggi dibanding dengan jalur SNMPTN, dan SBMPTN.

Baca Juga  4 Strategi Memilih Prodi dan Kampus Agar Lolos SNMPTN

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa melihat Perbedaan Antara Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan USM secara lebih mendetail.

4. SMMPTN BARAT

SMMPTN BARAT ini merupakan jalur seleksi Mandiri untuk PTN di daerah barat. Ada sekitar 17 PTN yang terdaftar pada jalur SMMPTN BARAT. Jadi tesnya itu menggunakan jalur tulis juga. Bukan dari raport atau prestasi akademik ya.

5. PTKIN

PTKIN merupakan jalur seleksi masuk Peguruan Tinggi Islam Negeri. 3 Jenis peguruan tinggi islam yang masuk dalam tes PTKIN, diantaranya ada UIN, IAIN, dan STAIN. Untuk seleksinya sendiri itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

  • SPAN PTKIN ( seleksi yang menggunakan prestasi dan Akademik secara nasional.
  • UMPTKIN (Ujian Mandiri PTKIN)

Yuk cek juga Persyaratan, Jadwal UM-PTKIN beserta Cara Daftarnya.

6. Politeknik Negeri

Jalur ini khusus untuk kamu yang ingin masuk pada jenjang pendidikan Diploma (D4). Jalur masuknya hampir sama dengan jalur masuk PTN, terdapat 2 jalur seleksi pada Politeknik Negeri yaitu:

  • SNMPN (Lewat jalur raport & Akademik)
  • SBMPN (Tes tertulis)

7. Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan juga termasuk Jalur yang sangat favorit. Jalur ini tentunya memiliki prospek yang bagus, karena secara otomatis kamu bisa menjadi abdi negara. Akan tetapi untuk masuk jalur ini seleksi cukup berbeda dengan jalur PTN pada umumnya. Tes masuk sekolah Kedinasan pada umumnya, akan dilakukan seleksi Nilai Raport, TKD (Tes Kemampuan Dasar), TPA ( Tes Kemampua Akademik), Tes Psikotest , dan terakhir ada sesi Wawancara. Berikut ini daftar sekolah kedinasan diantaranya ada: STIS, STSN, STIN, AAL, AAU, AKPOL, AKMIL, IPDN, STTD, STPI, STMKG.

Kesimpulannya adalah banhwa ada banyak sekali jalur kuliah masuk kuliah yang dapat Kamu ikuti, jadi jangan khawartir jika kamu gagal disalah satu jurusan tersebut. Terpenting kamu tetap semangat ya!!!

Baca Juga  Biaya Kuliah Terbaru UNIMAL 2020/2021 (Universitas Malikussaleh)
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page