close

Apakah Kebahagian harus Dikejar?

Bagaimana menurut kamu, apakah kebahagiaan itu harus dikejar? Entahlah, mungkin itu jawaban kamu. Namun satu hal yang pasti, hidup itu akan selalu dinamis. Kita hanya perlu bergerak. Masalah kebahagiaan itu biar Tuhan saja yang menentukan, kalau memang kebahagiaan itu diberikan. Barangkali alih-alih mempertanyakan diri kamu, apakah kamu bahagia atau tidak, bersyukur adalah kata yang lebih tepat.

Baca Juga: Hidup Minimalis Sebagai Millenial

Apa sih kebahagiaan itu? Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Kebahagiaan bisa datang tanpa disangka-sangka. Kalau begitu, apakah kebahagiaan dapat diartikan tidak perlu diusahakan sekalipun, kebahagiaan bisa akan datang dengan sendirinya?

Barang kali ada orang yang terlihat seperti tidak kekurangan apapun dengan segala kegelimangan harta, namun ternyata dalam hatinya ia merasa kekosongan jiwa. Ada seseorang yang sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, namun ia tetap bisa bahagia. Apakah sumber bahagia itu? Uang? Harta? Atau Tahta? Lalu kenapa kondisi yang sangat kontradiktif tersebut bisa terjadi?

Baca Juga: Cara Cepat dan Efektif Move On dari Seseorang

Banyak juga orang mendefinisikan kebahagiaan sebagai state of mind, atau sebuah pola pikir. Jika kita berpikir bahwa kita bahagia, apakah kita benar-benar bahagia? Jika kata bahagia, kita persamakan dengan kata senang, maka bukankah kita bisa bersenang-senang setiap saat, meskipun kita sedang tidak memiliki uang, misalnya.

Berikut beberapa tips yang bisa membuat hidup kamu bahagia.

1. Terima masa lalu dan Maafkan dirimu

Memang berbicara saja gampang, mau dengerin ceramah dan motivasi seribu kalipun kalau kamu tidak menerima masa lalu dan memaafkan kekurangan diri kamu, percuma saja. Caranya adalah coba kamu ambil selembar kertas, pejamkan mata kamu, lalu lakukan relaksasi nafas dalam yaitu menarik nafas dan membuang secara perlahan lakukan itu sampai kamu nyaman, lalu tulis sampah masa lalu yang membuat kamu berat melangkah kedepan, setelah selesai menulis lalu kamu boleh meremas kertasnya, kamu rauk-rauk sekalian lalu buang ke tong sampah, dan sekarang coba liat cermin, didepan kamu adalah orang hebat dan kuat yang selama ini nemenin kamu yaitu diri kamu sendiri. lalu ucapkan “aku memaafkanmu, semua orang bisa melakukan kesalahan”. itu lega banget, seneng sendiri.

2. Mencari Makna Hidup

Mencari makna hidup caranya ialah temukan sesuatu tujuan yang berarti dan yang kamu yakini yaitu hal apa yang membuat kamu termotivasi, lingkungan yang seperti apa yang membantu kamu untuk mencapai tujuan tersebut. Berhenti kebanyakan mikir akan takut gagal, teruslah melangkah menuju tujuan hidup yang akan kamu capai.

3. Berfikir Positif

Misalnya kamu adalah orang yang overthinking, bahkan kamu bisa wasted my time sampai 3 minggu menyalahkan diri, walaupun sekarang masih overthinking tapi bisa dikontrol dan ada pemecahan jalan keluarnya. Yang paling penting kalau mau berfikir positif, bila overthinking kamu kumat, kamu bisa tulis overthingking kamu, entah itu di note hp, buku, atau kertas yang lain. Jadi sewaktu kamu kumat, kamu bisa baca yang kamu tulis hal yang sama atau tidak.

4. Mengatasi Rasa Kesepian

Pernah tidak kamu merasa kosong, sepi, nggak bisa tidur, sedih tapi bingung kenapa. Rasanya tidak ada masalah apa-apa tapi kenapa kaya ngerasa kosong aja, bahkan ditengah keramaian pun kamu merasa sepi. Ternyata ada sesuatu masalah yang kamu pendam sendiri atau dua hari yang lalu ada masalah dikantor atau dikampus atau ditempat kerja tapi kamu gak cerita. Padahal manusia adalah makhluk sosial, kamu gapapa kok ngeluh, curhat, nangis bahkan itu hal yang wajar. Kamu wajar untuk merasakan itu semua jangan dipendam, salah satu sumber kebahagiaan ialah ketika kamu berkeluh kesah kepada sahabatmu ketika lagi banyak masalah, rasanya itu plong banget.

5. Lakukan Hobby

Pernah tidak sih ngerasa kalau hidup kamu itu monoton? Senin sampai jumat hidup kamu itu dikampus atau dikantor, sabtu dan minggu nya tidur atau nongkrong, gitu terus berulang. Coba deh pikirkan apa sih hobi kamu? Entah itu baca novel, main musik, gambar, main dengan binatang, jadi volunteer, dll. Rata-rata kalau ditanya hobby nya apa pasti bingung karena jarang dilakukan atau tidak pernah dilakukan. Kamu bisa menyisipkan hobby mu diantara jadwal weekday mu

Berbagai perspektif kebahagiaan dapat kita peroleh mulai dari masalah percintaan, karir, hingga cita-cita. Kebahagiaan itu pilihan, bukan tujuan. Pilihlah caramu sendiri untuk merasakannya, mulailah bahagia dari dirimu sendiri.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!