close

4 Alasan Tidur Itu Penting Bagi Tubuh Kamu

Pernah gak sih kamu susah untuk tidur? Atau pernah gak kamu lebih memilih untuk tidak tidur karena harus menyelesaikan suatu pekerjaan? Karena menurutmu kalau tidur itu hanya akan menyiakan waktu kamu saja dalam beberapa jam, padahal waktu itu bisa lebih efisien dan efektif digunakan untuk menyelesaikan pekerjaanmu itu. Mungkin ada saja diantara kamu yang membaca artikel ini menganggap bahwa selalu mengutamakan waktu tidur adalah orang yang lemah karena tidak memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih produktif dan lebih memilih untuk tidur. Sehingga, kamu mengagungkan sekali bahwa kamu adalah seseorang yang kuat jika kamu pernah tidak tidur dalam kurun waktu sehari semalam hanya untuk menyelesaikan pekerjaanmu, atau melakukan aktivitas lain selain pekerjaanmu itu seperti; menonton drama, berselancar di media sosial, membaca novel dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pentingnya Meditasi Agar Tetap Fokus

Sebetulnya seberapa pentingkah tidur dalam hidupmu hingga kamu bisa mengabaikan waktu tidurmu? Dan apakah alasan mendasar seseorang menjadi susah tidur? sehingga bisa menyebabkan tidak tidur sepanjang malam. Apabila ada yang mengklaim bahwa mampu tidak tidur sepanjang malam adalah kuat, dengan tegas saya katakan bahwa pernyataan tersebut adalah salah dan justru malah sebaliknya, jika kamu tidak tidur hanya akan menyebabkan kondisi tubuhmu melemah.

Perlu diketahui bahwa kondisi tubuh saat sedang tidur tidaklah pasif, tetapi terjadi suatu hal penting didalam tubuh yang sangat berguna untuk kesehatan. Jangan samakan tubuh dengan benda mati seperti komputer, jika dihidukan akan bekerja dan jika dimatikan akan mati total. Tubuh ini tidak seperti itu, ketika kamu tidur akan terjadi kinerja penting dalam tubuhmu. Bukan hanya manusia saja  yang mengalami dan butuh tidur, namun semua makhluk hidup dimuka bumi mengalami tidur dan sudah pasti membutuhkan tidur. maka, secara umum tidur adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Overthinking Pada Diri Kamu

Dalam penelitian – penelitian yang telah banyak dilakukan sudah cukup membuktikan dan memberitahu kita bahwa tidur sangat penting karena terjadi hal – hal yang sangat penting untuk tubuh.

1. Konsolidasi Memori (Penguatan Memori)

Memori merupakan ingatan yang didapat oleh manusia dari hal – hal yang terjadi disekitarnya. Memori memiliki dua jenis yaitu; memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Nah, disaat kamu terbangun dari tidurmu otak kamu akan mengatur ulang ingatanmu dan menerima banyak informasi dari awal kamu terbangun dari tidur, ingatan yang kamu peroleh setelah bangun tidur merupakan ingatan jangka pendek yang dapat bertahan dalam waktu beberapa jam saja. Kemudian, setelahnya kamu tidur di malam hari otakmu akan memasuki masa tenang dan mentransfer ingatan jangka pendekmu menjadi ingatan jangka panjang yang dapat bertahan dalam jangkan bulanan hingga tahunan.

Nah, untuk kamu yang masih pelajar pernah gak sih ngalamin yang namanya belajar SKS atau sistem kebut semalam karena menjelang ujian? Sadar gak kalau setiap seusai mengerjakan ujian kamu menjadi lupa dengan materi apa saja yang telah kamu pelajari? Dan inilah yang dinamakan ingatan kamu tidak mengalami konsolidasi memori dan pada akhirnya dapat dengan begitu mudah untuk lupa.

2.  Isi Ulang Bahan Bakar Otak

Bahan bakar otak mengalami isi ulang disaat kamu tidur yang cukup, karena telah banyak terkuras saat kamu dalam keadaan terbangun. Jadi, jika kamu kurang tidur itu artinya bahan bakar otak kamu tidak dapat mengalami pengisian ulang secara optimal seperti; kemampuanmu dalam berpikir atau kemampuan kognitifmu, serta emosional dan gerak tubuhmu akan terganggu . So, itulah mengapa teramat penting tidur bagi kamu.

3. Waktu Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan

Jika disiang hari tubuh kamu terpapar hal – hal yang tidak baik misalnya, tubuh kamu menghirup atau terhirup asap rokok hingga mencemari paru – parumu dan matamu tepapar sinar UV. Nah, disaat malam hari kamu tidur adalah waktu bagi tubuh kamu untuk memproduksi hormon pertumbuhan dan melakukan perbaikan jaringan tubuhmu  yang tengah mengalami kerusakan.

4. Mengatur Keseimbangan Hormon

Ketika kamu sedang tertidur tubuh akan memproses keseimbangan hormonmu menjadi lebih baik. Apabila kamu kurang tidur maka, menyebabkan tubuh kamu menjadi tidak stabil. Mungkin kamu pernah mengalami saat dimana kamu rasanya ingin makan terus, sadarilah bahwa kamu kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makanmu menjadi berlebihan, itulah mengapa berat badanmu jadi bertambah.

Agar tubuh kamu dapat bekerja secara optimal disaat tidur memerlukan waktu tidur selama 7 – 9 jam setiap harinnya untuk usia dewasa 18th keatas. Jika kamu pernah mengalami untuk susah tidur itu artinya kamu mengalami insomnia. Gejala insomnia dapat ditandai dengan kamu yang sering terbangun di malam hari, sulit untuk tertidur, atau bangun terlalu pagi dan tidak bisa untuk tidur lagi.

Insomnia dapat disebabkan oleh 2 penyakit; pertama yaitu  penyakit fisik seperti alergi, hidung tersumbat, bersin – bersin, serta asma dan  nyeri sendi yang berkepanjangan. Kedua, penyakit psikologis yang ditandai dengan depresi dan kecemasan yang berlebih yang biasany  disebabkan karena kamu sedih memikirkan masalah yang tengah menghampiri hubungan dengan pasanganmu, atau kamu cemas memikirkan masa depanmu sehingga kamu overthinking dan susah tidur. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa orang dewasa yang tidurnya rata – rata hanya 4,5 jam lebih rentan untuk mengalami stress, emosi yang labil sehingga mudah marah, dan berada pada level mental yang lemah.

Maka, tingkatkanlah kualitas tidurmu dengan tidak tidur selain dimalam hari yang durasinya lebih dari 30 menit, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, alkohol, nikotin disaat sebelum tidur, mulailah berolahraga diwaktu sore atau malam, jangan makan terlalu banyak menjelang waktu tidur, mematikan lampu disaat tidur dan tidak menyalakan gadget.

Overall, itulah informasi seputar alasan pentingnya tidur cukup itu penting bagi tubuh.

Semoga Bermanfaat, Arigatou :)

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!