Info SBMPTNKIP Kuliah

Cara Mendaftar KIP Kuliah pada UTBK SBMPTN 2020/2021

Kamu masih bisa mendaftar KIP Kuliah, meskipun kamu tidak berhasil di SNMPTN. Jalur kedua ini disebut dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Mekanisme pendaftaran Peserta KIP Kuliah, pada jalur SBMPTN cukup berbeda. Namun Kita sudah membuat panduan yang akan membantu Kamu dalam mendaftar KIP Kuliah SBMPTN.

Pastikan Kamu sudah mengetahui Apa yang dimaksud dengan SBMPTN? Persyaratan, serta Jadwal Pendaftarannya. Saat kamu lolos jalur seleksi SBMPTN sebagai peserta KIP Kuliah, maka kamu akan mendapatkan Fasilitas KIP Kuliah, sama seperti Mahasiswa yang lolos dari jalur SNMPTN.

Informasi Sejenis

Ada beberapa artikel lain yang berkaitan dengan topik kita kali ini, yang tidak kalah penting untuk kamu baca diantaranya:

Informasi ini kita tulis sebagai lanjutan bagi Kamu yang tidak lolos pada Pendaftaran KIP Kuliah pada Jalur SNMPTN. Jika kamu masih bingung bagaimana mendaftar KIP Kuliah di SBMPTN, yuk simak dengan baik pembahasan kita kali ini.

  1. Silakan buka portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id/, lalu silakan Login/masuk menggunakan akun LTMPT yang dimiliki. Dengan cara memasukan email dan Password, lalu klik Masuk.
  1. Selanjutnya Kamu akan masuk ke laman Dasboard LTMPT. Setelah masuk untuk kamu pelamar KIP Kuliah, silakan cek kembali KIP Kuliahnya.
  1. Silakan Masukan No. Pendaftaran KIP Kuliah, lalu Klik Cari. Maka akan tampil Laman Konfirmasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah, silakan Kamu Klik Simpan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah.
  1. Maka kamu akan melihat No. Pendaftaran KIP Kuliah berhasil disimpan. Lalu silakan Klik tombol kembali.
  1. Setelah itu Kamu akan melanjutkan pendaftaran UTBK SBMPTN, dengan mengklik Pendaftaran UTBK pada Laman Dasboard LTMPT.
  1. Selanjutnya Kamu akan masuk pada bagian laman untuk melengkapi Biodata. Pada Bagian ini silakan isi bagian form yang kosong. Jika sudah merasa lengkap silakan Klik Simpan. Jika sudah Tersimpan lalu Klik Selanjutnya.
  1. Kemudian Kamu akan diminta untuk memilih Jurusan/Program Keahlian SMTA. Untuk bagian ini silakan Kamu sesuaikan dengan jurusan kamu disekolah, IPA/IPS. Lalu klik Simpan. Maka akan muncul kembali layar konfirmasi, silakan Kamu klik Ya, Lanjutkan. Setelah itu silakan klik Tombol Selanjutnya.
  1. Setelah itu Kamu, akan diminta untuk menyimpan permanen data yang ada. Sebelum disimpan permanen, silakan cek ulang data-data yang sudah Kamu isi apakah sudah benar dan lengkap. Jika sudah silakan klik tombol Simpan Permanen. Jika sudah silakan klik Tombol Selanjutnya.
  1. Langkah Selanjutnya silakan kamu pilih Pusat UTBK. Silakan Kamu pilih Perguruan Tinggi untuk tempat TES UTBK nya nanti. Jika sudah silakan klik Tombol Selanjutnya. Silakan Konfirmasi klik Ya semua. Maka nanti akan tampil Status UTBK Selesai. Lalu Klik Tombol Selanjutnya.
  1. Setelah itu Kamu diminta untuk Memilih program Studi.Kamu hanya memilih 2 PTN dan 2 Jurusan saja. Jika Kamu sudah memilih Jurusan dan PTN yang ditujuh, silakan klik Simpan. Lalu klik tombol Selanjutnya.
  1. Kemudian akan tampil laman tentang PTN dan Program Studi yang telah Kamu pilih. Dan silakan klik tombol Simpan Permanen. Terakhir akan muncul Kartu UTBK SBMPTN, silakan klik Simpan.
  1. Selesai

Silakan Akses Informasi Lengkap seputar SBMPTN, disana Kamu bisa mendapatkan semua hal yang berkaitan dengan SNMPTN tahun ini.

Demikianlah Panduan Mendaftar KIP Kuliah pada jalur SBMPTN yang sudah kita tulis secara mendetail. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman Kamu yang membutuhkan atau masih bingung tentang hal ini. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close