TipsTips Sehat

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental

Siapa nih yang di masa pandemi kayak sekarang ini, jadi lebih aware soal kesehatan? Yap, sebenarnya salah satu hikmah baik dari pandemi adalah kita jadi jauh lebih aware soal pentingnya kesehatan.

Ditambah lagi, bukan cuma kesehatan fisik aja yang penting untuk dijaga. Ternyata kesehatan mental juga bisa dibilang sama pentingnya sama kesehatan fisik. Kenapa? Karena keduanya sama-sama mempengaruhi keproduktifan dihidup kita.

Baca Juga: Ubah Sibuk Jadi Produktif dan Sehat Mental

Kalau mau bahas tentang kesehatan mental, nggak afdhol rasanya kalo kita belum ngerti dulu tentang makna kesehatan mental atau mental health. Menurut World Health Organization (WHO), makna dari kesehatan mental adalah kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan hanya ngga adanya penyakit atau ketidakmampuan.

Nah, buat kamu yang mungkin masih bertanya-tanya nih, gimana sih caranya buat menjaga kesehatan mental kamu di masa pandemi?

1. Menerima Diri Agar Lebih Sehat Mental

Buat menjaga kesehatan mental, kamu perlu banget buat terima diri kamu apa adanya. Selain kamu terima diri kamu, kamu juga perlu untuk terima bahwa apapun yang udah terjadi di masa lalu adalah hal yang bisa jadi pelajaran buat kamu jadi lebih baik lagi.

Terus kenapa kamu perlu menerima diri? Karena dengan kamu terima kurang lebihnya diri kamu, kamu nggak perlu mencari validasi dari orang lain atas diri kamu. Tentunya, hal itu bisa memudahkan kamu untuk jadi lebih bahagia dan sehat secara mental.

2. Belajar Buat Mengelola Stres Saat Pandemi

Nggak bisa dipungkiri kalo kita pasti mengalami stres di masa pandemi kayak gini. Tapi sebenernya kamu perlu cari tahu cara masing-masing orang buat mengatasi stres. Bisa dengan kasih jeda dulu buat dengerin musik, baca buku atau bisa juga dengan menulis keluh kesah di buku harian alias journaling.

Sebenernya, dengan kamu bisa mengelola stres dengan baik, kamu juga sedang menjaga kesejahteraan diri kamu. Apalagi di masa pandemi yang penuh akan ketidakpastian. Karena jangan sampe stres itu kamu pendam terus sehingga sewaktu-waktu itu bisa jadi ledakan emosi yang luar biasa.

3. Menjaga Pola Tidur Dan Makan Agar Lebih Sehat

Ketika kamu menjaga pola tidur, misal dengan nggak banyak-banyak begadang, istirahat cukup, kamu sebenernya juga sedang jaga kesehatan mental kamu. Kok bisa? Karena saat kamu punya jam tidur yang ngga teratur atau bahkan kurang, hal itu akan memengaruhi mood, konsentrasi, dan juga energi yang kamu punya.

Selain tidur, kamu juga perlu untuk menjaga pola makan dan juga makanan yang kamu makan. Apa pengaruhnya ke kesehatan mental? Ngaruh dong. Saat kamu makan makanan yang ngga sehat atau makannya nggak teratur, kamu bakalan rentan buat sakit. Ketika kamu sakit, itu bakalan ganggu aktivitas sekaligus suasana hati kamu.

Sederhananya gini, kalo kamu makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, kamu bakalan dapat energi yang cukup dan sekaligus menjaga imunitas. Ketika kamu sehat, suasana hati kamu akan lebih baik daripada saat sakit. So, stay healthy ya!

Baca Juga: 4 Alasan Tidur Itu Penting Bagi Tubuh Kamu

Nah, itu tadi cara yang bisa kamu cobain untuk menjaga kesehatan mental kamu. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, sepertinya banyak situasi yang membuat kamu rentan mengalami masalah kesehatan mental. Perlu ditekankan, kalo kamu sebaiknya nggak cuma bisa sadar akan pentingnya kesehatan mental aja, kamu juga perlu action buat menjaga kesehatan mental kamu sendiri. Karena kalau bukan dari diri kamu sendiri, siapa lagi?

Back to top button
error: