Pengembangan Diri

Tips Menentukan Tujuan Hidup (Life Motivation)

Sebetulnya apasih tujuan hidupmu di dunia ini? Apakah diantara kamu yang membaca artikel ini masih tidak tahu dan tidak punya tujuan untuk hidup? Ya, memang hanya sebagian orang dari banyaknya populasi manusia di dunia ini yang bisa dengan mudah menemukan tujuan hidup dengan mudah. Bahkan, kamu yang sudah menjadi lulusan sarjana saja pasti banyak yang masih membingungkan tujuan hidupmu kearah mana. Alih – alih putar haluan dari sana kesini, dari utara keselatan, kamu mencoba melakukan banyak hal dengan harapan agar dapat menentukan tujuan hidup dengan tepat tetapi, hasilnya sering kali masih nihil.

Baca Juga: 4 Tips agar Kamu Tetap Fokus

Oh, ya. Terkadang dalam menjalani kehidupan terasa hampa dan kosong seperti ada sesuatu yang masih hilang belum bisa ditemukan dan itu karena belum menemukan tujuan dan makna hidup. Padahal, jika mengacu pada pidato seorang penulis dari US yang menyatakan terdapat dua hari yang paling penting dalam hidup seorang manusia yaitu hari disaat kamu lahir dan hari disaat kamu menentukan tujuan hidupmu. Sedangkan pernyataan itu sangat kontradiktif dengan kamu yang sekarang ini pada nyatanya.

Baca Juga: 4 Langkah Untuk Kamu Agar Sukses Lebih Cepat

Jika bincang – bincang mengenai makna hidup maka memiliki scope yang sangat luas pengartiannya. Setiap individu sudah pasti memiliki jawaban yang berbeda – beda mengenai makna hidupnya masing – masing. Mungkin ada yang berpendapat bahwa hidupnya untuk mencapai kesempurnaan biologis, untuk mengabdi dan taat kepada Tuhan, untuk menyadari potensi yang ada dalam diri dan masih banyak lagi. Nah, dari beragamnya makna hidup setiap orang dan kamu pasti sedang bertanya – tanya “so what? Gimana aku bisa menentukan hidupku kalau begitu?”. Oke, sebelum itu kamu harus memperbaiki persepsimu terlebih dahulu tentang menemukan tujuan hidup. Karena tujuan hidup bukan untuk ditemukan, tetapi untuk di tentukan. Yah, meskipun menentukan tujuan hidup itu bukan hal yang mudah dan sebentar, hanya saja sifatnya yang sederhana. Nah, untuk itu kamu perlu tahu dasar – dasar dalam mencari tujuan hidup. Seperti berikut.

1. Tujuan Hidup Perlu Dibentuk

Tujuan hidup perlu dibentuk dan bukan untuk ditemukan, karena tujuan hidup bukanlah suatu hal yang sedang hilang. Bayangkan saja diluar sana banyak orang yang sudah meniti karir dan bekerja dipekerjaan yang sudah diimpikannya sejak dulu, tetapi dia akhirnya jenuh dan bosan pada pekerjaan itu, kemudian ada yang sudah sukses menjalankan bisnisnya malah akhirnya bosan pada bisnis itu. Ya, itu semua terjadi karena tujuan hidup orang tersebut belum terbentuk dengan sempurna.

Nah, pernahkah kamu tertarik akan satu hal? Hingga kamu kepikiran untuk mengeksplor hal tersebut. Itulah awal dari kamu mulai ingin menemukan tujuan hidup, kamu mulai memasuki tahap ketertarikan terhadap suatu hal tersebut. Namun, proses ini perlu usaha, tindakan dan kerja keras. Tetapi, kebanyakan orang yang melewatkan ini, mayoritas orang hanya mengeksplor suatu hal sebatas permukaanya saja dan tidak hingga mendalam. Sehingga, ketika mendapati satu kali kegagalan kamu langsung beranggapan tidak cocok pada bidang tersebut. Jadi, kembali pada poin utama bahwa suatu hal apapun butuh proses untuk dapat menikmati hasilnya. Nah, kamu hanya perlu memperpanjang durasi dalam kamu berproses agar kamu bisa menentukan tujuan hidupmu.

2. Pikirkan Hal Apa yang Bisa Kamu Lakukan

Pikirkanlah hal yang bisa kamu lakukan dan bukan memikirkan apa yang harus kamu lakukan. Karena kamu hidup untuk melakukan apa yang kamu bisa dan tidak untuk melakukan yang harus kamu bisa, jangan mengikuti apa yang dikatakan orang disekitarmu bahwa kamu harus jadi ini itu, kamu harus jadi pengacara, kamu harus jadi dokter, kamu harus jadi polisi, atau kamu harus jadi pengusaha besar. Well, itu semua merupakan pilihan, bukan berarti kamu harus hidup berdasarkan kata orang atau kata pikiranmu tetapi, kamu bisa menjadi dokter, pengusaha, polisi, atau lainnya. Jika kamu memiliki waktu yang banyak ya kamu bisa menjadi banyak hal apapun itu. karena hakikatnya tujuan hidup itu bukan tentang sesuatu yang harus kamu capai namun, tentang apa yang bisa kamu capai.

Nah, jika kamu ingin menentukan tujuan hidupmu dengan tepat dan cepat, ada beberapa hal yang bisa menjadi tips untuk kamu lakukan sebagai berikut.

1. Cari tahu tentang banyak hal

Jadikan dirimu mau untuk belajar banyak hal sekalipun hal itu sangat berbeda jauh dan kontra dari kehidupanmu. Dengan melakukan banyak hal, kamu bisa lebih merasakan banyak hal dan menemukan inisial dari tujuan hidup yang kamu ingin tentukan.

2. Resapi proses belajarmu

Kamu hanya perlu meresapi hal – hal baru yang kamu pelajari. Dengan kamu memperlajari hal baru yang dimulai dari dasarnya, kamu bisa mampu banyak hal meskipun kamu bukan ahlinya. Ya, kan tidak perlu menjadi ahli terlebih dahulu untuk bisa bertahana pada dunia kerja. Pada akhirnya nanti kamu akan mengkerucut pada satu hal yang memang benar – benar hendak kamu fokuskan.

3. Tanyakan pada dirimu sendiri

Jika kamu ingin menemukan tujuan hidupmu,ya kamu harus menanyakan pada dirimu maunya apa?. Mungkin kamu bisa coba untuk jawab pertanyaan seperti ini, “hal apa yang suka kamu lakukan hingga kamu lupa untuk makan?, hal mana yang bisa memberikan dampak baik pada orang lain jika kamu lakukan?,  hal manan yang cara belajarnya paling mudah untuk kamu lakukan serta kamu senangi?”. Dengan menjawab pertanyaan tersebut kamu sudah bisa mendapatkan gambaran kamu maunya apa.

4. Lakukan bidang yang kamu inginkan itu

Kamu mulai lakukan, dan dalami bidang itu, dan kamu perdalam ilmu pada bidang yang kamu ingin lakukan itu. hal yang bisa kamu lakukan agar bisa meninggkatkan ketertarikanmu pada bidang tersebut terus – menerus, ya kamu bisa coba untuk mencari tahu potensi pada bidang tersebut, bertemanlah dengan orang yang sama circle ketertarikannya denganmu, kemudian sadari hal – hal menarik yang kamu pelajari setiap pekannya.

Well, cobalah hal – hal yang sudah saya jelaskan dan lakukan dengan setiap harinya sehingga kamu bisa semakin dekat dengan tujuan hidupmu. Meskipun proses tidak berlangsung cepat.

Thanks, Semoga Bermanfaat.

Tags
Back to top button
Close