Pengembangan Diri

Vitamin dan Mineral Bagi Kesehatan Kamu

Sering banget gak kamu dibilang kurang vitamin oleh orang – orang sekitarmu? Misal ya, kamu hanya terlihat sedikit kurang sehat, atau hanya sekedar pusing kepala? Lalu, dibilang “kamu sepertinya kurang vitamin deh”, atau begini “kamu mending minum vitamin dulu”. Mungkin ada yang disaat cuaca sedang pancaroba, lalu orang tuamu menasehati untuk tidak lupa meminum vitamin karena bisa terserang flu kalau kurang vitamin, atau temanmu bilang untuk minum vitamin E agar kondisi kulit tidak mudah mengalami penuaan dan kulit tetap kencang. Oke, sepertinya vitamin begitu penting untuk tubuh hingga bisa menjadi penangkal apa saja dikala sedang tidak baik – baik saja. Ya, memang benar vitamin penting yaitu untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tetapi, apakah kamu sudah tahu betul apa itu vitamin? Dan seberapa signifikan peranan vitamin dalam tubuh kita?

Baca Juga: Sosial Media Berdampak pada Kesehatan Mental

Untuk itu artikel kali ini akan membahas mengenai peranan vitamin dalam tubuh dan apa itu vitamin.

Sebelum memasuki inti pokok bahasan pada artikel ini, saya akan membahas salah satu elemen penting yang ada dalam tubuh manusia sehingga manusia dapat bertahan hidup. Elemen yang dapat membuat manusia jadi bertahan hidup karena manusia memiliki ‘energi’, coba kamu bayangkan saja berawal dari kamu bangun tidur kamu mulai melakukan aktivitas – aktivitasmu dan semua itu memerlukan energi, bahkan untuk berpikir saja sangat memerlukan energi agar dapat berpikir dengan maksimal. Termasuk hal – hal yang tidak kamu sadari bekerja dalam tubuhmu juga memerlukan energi agar dapat bekerja seperti, detak jantung, bernafas, melangkah, dan masih banyak lagi. Nah, yang dipertanyakan adalah energi itu berasal dari mana? Apakah bisa datang dengan begitu saja? Oh, tentu tidak.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Energi yang digunakan oleh manusia berasal dari nutrisi yang didapat oleh tubuh bersumber dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Berdasarkan ilmu kesehatan, manusia mencerna nutrisi dari makanan dan minuman yang dia konsumsi tergolong kedalam tiga bagian, yaitu air, makronutrien dan mikronutrien. Jika, makronutrien merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah banyak seperti karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan mikronutrien merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit seperti mineral dan vitamin. Oke, mungkin ada yang mempertanyakan mengapa vitamin dan mineral dibutuhkannya dalam jumlah sedikit sedangkan vitamin dan mineral diklaim penting untuk tubuh.

Well, mikronutrien atau vitamin dan mineral sebetulnya memang tidak diperlukan untuk kebutuhan energi. Tetapi, dibutuhkan untuk hal lain didalam tubuh yaitu diperlukan untuk pertumbuhan badan, kelancaran sistem pencernaan, fungsi sel saraf dan masih banyak lagi. Jadi, meskipun mikronutrien ini diperlukan dalam jumlah sedikit oleh tubuh tetapi mempunyai peranan penting dalam tubuh pada bagian tertentu. Nah, namun ada banyak sekali jenis vitamin dan perlu kita ketahui terlebih dahulu definisi dari ‘vitamin’. Vitamin merupakan adalah zat yang sesederhana zat – zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil dan tidak termasuk dalam kategori mineral. Dalam ilmu kesehatan, vitamin terdiri dari vitamin A, B, C, D dan K serta masing – masing vitamin mempunyai peranan secara spesifik setiap vitaminnya. Vitamin yang paling berdampingan dengan kehidupan kita contohnya saja vitamin C, yang mana vitamin ini sangat berperan dalam mentralisir radikal bebas dalam tubuh, berperan penting sebagai antioksidan, serta berperan sebagai pembentuk kolagen yang dibutuhkan tubuh dalam penyembuhan luka.

Baca Juga: Bicara Tentang Body Positivity

Sebetulnya, kebutuhan tubuhan tubuh kita akan vitamin itu rendah dan bisa terpenuhi dengan sendiri jika pola makanan yang kita konsumsi seimbang. Jadi, manusia sebenarnya tidak butuh suplemen vitamin asalkan kondisi pola makanan yang berimbang, dan kondisi tubuh normal. Untuk orang yang dalam kondisi tidak normal, maka membutuhkan vitamin misal, orang yang beresiko defisiensi vitamin atau mengalami sakit tertentu, ibu hamil, dan lansia, Kemudian orang yang pola makannya tidak seimbang dan itulah mengapa kondisi orang yang tidak normal memerlukan vitamin ataupun suplemen vitamin.

So, kamu harus menjaga pola makan yang seimbang agar bisa menjadi jiwa yang sehat dengan nutrisi yang cukup.

Semoga bermanfaat, Arigatou Subete.

Tags
Back to top button
Close